Tingkatkan Profesionalisme Personel, BAJAKA Sertifikasi Satuan Pengamanan

BINTAN, LIPUTANKEPRINEWS.COM – Pusdiklat BAJAKA kerjasama dengan Ditbinmas Polda Kepri, menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Gada Pratama, Minggu (27/10). Pembukaan kegiatan dibuka oleh Kasubdit Satpam Ditbinmas Polda Kepri AKBP Rudi Idris.

Dalam amanahnya mengatakan, Diklat Satpam tingkat Gada Pratama sangat penting dimiliki setiap personel Satpam. Tujuannya, untuk menunjukkan profesionalisme menangani pemahaman dasar penjagaan di area tugas. Baik di dalam ruangan (in door) maupun di luar ruangan (out door).

“Tujuan Pelatihan Gada Pratama yaitu menghasilkan Satuan Pengaman yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksana tugas satuan pengamanan.Kami sangat berterima kasih kepada BAJAKA sudah menggelar ini.Karena hal ini juga bagian dari meningkatkan Kamtibmas,” ujar Rudi saat membuka kegiatan itu sebagaimana rilis yang diterima media ini.

Pusdiklat BAJAKA – Tim dan personel Pusdiklat BAJAKA kerjasama dengan Ditbinmas Polda Kepri pada acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Gada Pratama foto bareng Minggu (27/10). FOTO : LKN/ISTIMEWA

Sementara itu, Direktur BAJAKA Rizky Chandra mengatakan, pemantapan Diklat Gada Pratama untuk menjamin kualitas personel di lapangan. Sehingga, partner kerja BAJAKA ke depan, lebih dimaksimalkan kerja sesuai tuntutan yang ada.

“Karena bagaimana pun, BAJAKA yang telah berdiri beberapa tahun lalu menunjukan dedikasi dan kualitas dalam diri personel Satuan Pengamanan. Sehingga, jasa yang kita berikan tak sia-sia. Dan area pengamanan lebih optimal dan tertangani secara profesional,” ucap Rizky.

Senada, Manager HRD dan GA BAJAKA Leo Nazara menambahkan, dengan adanya Pusdiklat ini Satuan Pengamanan yang akan terjun ke lapangan, sudah terampil. Ia mengatakan, dari sisi sumber daya manusia (SDM), personel BAJAKA diseleksi sebelum terjun ke lapangan. “Salah satu komitmen kami adalah Diklat Gada Pratama ini,” ujar Leo.

Manager Operasional BAJAKA Herly menuturkan, sebanyak 30 personel yang mengikuti Diklat Gada Pratama. Yang digelar di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri di Bintan. “Personel akan dilatih berdasarkan ketentuan yang ada. Pelatihan, langsung dari Ditbinmas Polda Kepri dan Binmas Polres Bintan. Sehingga, kualitas pendidikan yang diperoleh benar-benar bermanfaat,” katanya.

Terpisah, Kepala Pusdiklat BAJAKA Purwanto, bagi yang lulus nantinya, personel berhak mendapatkan kartu tanda anggota. Berupa KTA Satuan Pengamanan dan Sertifikat. Yang dikeluarkan oleh Ditbinmas Polda Kepri,” katanya. Sekedar diketahui, dalam satuan pengamanan ada tiga tahap.

Dalam kesempatan itu turut angkat bicara Kabid Program dan Kerjasama Pusdiklat Bajaka M.Shadiq mengatakan akan berupaya untuk membekali putra daerah Bintan. Khususnya bisa mendapatkan pendidikan satuan pengamanan sehingga punya kemampuan dan legalitas untuk bisa bekerja di industri dan lokasi wisata yang ada di bintan, biar tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

Bagi yang lulus nantinya, personel berhak mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Satuan Pengamanan dan Sertifikat. Yang dikeluarkan oleh Ditbinmas Polda Kepri. Sekedar diketahui, dalam satuan pengamanan ada tiga tahap.

Sesuai pasal 10,11, dan 12 Peraturan Kapolri No. Pol 18 Tahun 2006 tentang Pelatihan Dan Kurikulum Satuan Pengamanan. Level awal Gada Pratama, Gada Madya, dan Gada Utama. Ditbimnas Polda Kepri menegaskan, bagi pihak yang menggunakan jasa pengamanan harus memperhatikan keikutsertaan pada Diklat Satpam. Jika tidak, akan dirazia karena berpotensi terdapat maladministrasi. Kegiatan tersebut diatas, diikuti oleh perwakilan pemerintahan setempat, Kasat Binmas Polres Bintan AKP Soepandi, dan beberapa tamu undangan lainnya.(rilis/*)